Teknik Pernapasan saat Persalinan

front-coverBolak balik baca buku hypnobirthing (review bukunya klik disini) skip deh eike yang teknik hipnosis macem-macem ituw.. fokus sama halaman terakhir aja yang gampang dan siapa tau berguna *males mode on,haha* Bernapas saat kontraksi menuju persalinan pun ada tekniknya.. yah intinya pake napas perut sih.. Intinya supaya konsentrasi. Saat kontraksi secara otomatis otak ngirim respon ke tubuh untuk menahan nyeri, misalnya menahan napas atau bernapas cepat. Kita dilatih oleh oleh respon nyeri ini untuk mengendalikannya lewat napas yang teratur dan tidak tertahan. Ada beberapa teknik pernapasan yang bisa diterapkan saat pembukaan awal. Ini aja dibaca ko suka rada lupa.. mungkin kaya jaman mau ujian kuliah dulu aku harus bikin semacam rangkuman.

  • Teknik bernapas perlahan
    Nafas pake perut yang panjang. Tarik napas yang panjang saat kontraksi datang. Hembuskan secara perlahan. Bisa fokus bernapas melalui hidung atau mulut saja, mana yang paling pewe. Jika kontraksi berakhir hembuskan napas untuk mengiringi redanya kontraksi dan kembalilah rileks.
  • Teknik bernapas campuran
    Saat kontraksi datang, bernapas dgn ringan. Tarik napas hanya separuh kapasitas maksimal, kemudian hembuskan. Ini menjadikan frekuensi bernapas menjadi lebih kurang dua kali lebih sering dari pernapasan normal. Bernapaslah seperti ini selama berlangsungnya kontraksi. Hembuskan napas panjang jika kontraksi mulai berakhir bersamaan dengan “membuang” kontraksi tersebut.
  • Teknik bernapas berpola
    Saat kontraksi datang tarik napas panjang dan bernapas sesuai pernafasan normal. Saat kontraksi tarik napas sambil berhitung “1.. 2.. 3.. 4.. ” dan seterusnya sampai puncak kontraksi. Jika kontraksi mulai mereda, hembuskan nafas sambil mengucapkan “Satu”. Kata “satu” mengacu kepada kondisi awal yang rileks. Lakukan pola ini dengan cara anda sendiri agar fokus dan konsentrasi anda terarah pada perhitungan bukan pada rasa sakit. Seperti biasa hembuskan nafas panjang untuk mengiringi redanya kontraksi, ucapkan “satuuuuuu” yang panjang.

Okay kayanya enak pake teknik pertama atau yang terakhir kalo buat aku. Biar konsen ama itungannya bukan rasa sakit. Tapi ngitungnya dalem hati aja kali ya.. Ntar dikira mau tidur, ngitung domba..

sumber : Melahirkan tanpa rasa sakit oleh Evariny Andriana

About these ads

One thought on “Teknik Pernapasan saat Persalinan

  1. Pingback: Tips Persalinan « Mencoba Sakinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s