Investasi Dana Pensiun : Reksadana atau Unitlink?

Kakek Nenek KamiL

Kakek Nenek KamiL

Diitung-itung, aku ngerasa dana pensiun dari kantor tu kurang banget. Apalagi aku ikutannya BNI Simponi, murni tabungan. Dengan setoran bulanan Rp.350-380rban *lupa* manfaat pensiun yang akan aku terima mungkin cuma 100-200 jutaan (dengan asumsi setorannya bulanan akan meningkat). Kayanya perlu cari investasi dana pensiun lain. Pertanyaannya adalah pilih produk investasi apa untuk manfaat kira-kira 28 tahun lagi?

Setelah brosing-brosing ama mbah google, aku nemu portalreksadana yang membahas perbandingan antara reksadana dan unitlink. APAAN SIH UNITLINK?? tenyata unitlink adalah gabungan produk investasi dan asuransi, misal AXA Mandiri, Prudential, dll. Sedangkan REKSADANA murni investasi tanpa asuransi. Disitu disebutkan sebaiknya antara investasi dan asuransi dipisahkan. Dan dari blognya Ligwina Hananto juga dia menyebutkan seperti ini : Catet, saya Ligwina Hananto TIDAK membeli asuransi unitlink (baca, klik disini). Hmmm.. padahal aku udah 80% tertarik AXA mandiri dan udah pegang satu orang financial advisor (FA), tapi gara-gara baca blog nya wina itu jadi mikir dua kali.

Unitlink (dalam hal ini aku ngomongin AXA mandiri) fee-nya ternyata besar, underperfoming dan kalo asuransi dan investasi digabung hasilnya gak maksimal. Padahal awalnya aku ngerasa produk ini sangat menguntungkan dari tabel yang dikasih ama FA itu, bayangin nabung tiap bulan konstan per bulan misal 500rb, bayar cuma 10 tahun (misal mau cuti premi), tapi ntar 25 tahun lagi pas diambil jumlahnya bisa 1M *or less, lupa*. Tapi ternyata kalo cuti premi kita jadi bayar fee ke 2 tempat : ke asuransi sama ke manager investasi (AXA dan Bank Mandiri ya maxudnya?), dan tampaknya masih banyak hidden fee lainnya.

Ngobrol ama Reksa *namanya aja reksa, pas banget kan nanyain soal reksadana, haha* temenku yang di finance katanya kalo mau ngebandingin unitlink (UL) ama reksadana (RD) bandinginnya dengan produk yang sama. Misal UL saham bandingkan dengan RD saham, UL fixed income bandingin sama RD fixed income juga. Mungkin akan lebih gampang juga kalo bandingin di perusahaan yang sama juga ya? Misal AXA mandiri sama Mandiri Reksadana? Ahh.. aku kan buta soal ginian..

Intinya sih pengennya naro duit Rp.500rban tiap bulan, untuk dinikmati kira-kira 28 tahun lagi. Yang menguntungkan secara nominal tapi nggak pusing ngawasin dan AMAN. Tapi kalo tabungan manfaatnya kecil banget, sedangnya kalo total maen saham gue gak berani. Gimana tuh.. sementara aku kayanya mau ngulik reksadana aja..

Kenapa aku ribut dana pensiun dari sekarang? karena tiga alasan qm financial berikut :

  • Jangan menunda persiapan pensiun Anda.
  • Semakin muda Anda memulai Dana Pensiun, semakin sedikit komitmen investasi yang perlu Anda siapkan untuk Dana Pensiun yang besar ini.
  • Riset menunjukkan untuk mencapai Dana Pensiun tertentu, jika Anda memulai investasi Dana Pensiun sejak usia 25 tahun, Anda hanya perlu berinvestasi sebesar Rp 100ribu per bulan.

Untuk perhitungan berapa dana pensiun yang kita butuhkan bisa donlod disini : http://www.portalreksadana.com/node/138

20 thoughts on “Investasi Dana Pensiun : Reksadana atau Unitlink?

  1. Hai lam kenal…
    aku belum berkeluarga (masih akan…amin) en bener banget makin cepet makin baik…aku dah bolak-ik siy membandingkan unitlink en reksadana en tyt emang gak bisa pure dibandingin…meski ragu aku ambil unitlink*xxx dengan syarat dana isvestasi lebih gede daripada premi cos aku gak sekedar btuh proteksi tp juga investasi akhrnya ambl yg minimal 350rb/bln. kenapa?1.proteksi (merasa proteksi kesehatan en kematian kantor kurang) 2. Gak mau ribet (lhat nab tiap hari, manager investasi dll) 3. iuran tetap (bs diplanning) en just info klo ikut asuransi konvensional makin lama premi makin mahal seiring usia kita en resiko tentunya 4. uang pertanggungan mayan gede 5. investasi jangka panjang menarik (mudah-mudahan)….sekian

    • hmm ic, ada beberapa opini juga yang bilang kalo sebenernya ngga fair bandingin antara unitlink ama reksadana karena pada dsrnya berbeda. Ada juga yang menyarankan dua-duanya *yeah tapi sementara dananya terbatas nih :D* Kalo unitlink aku udah ada bayangan tapi kalo reksadana masih blank sama sekali nih, jadi pengen tau dulu.. mungkin baru memutuskan. Thx for share yah.. salam kenal..

  2. Halo salam kenal…….Mulai baca-baca juga ttg hal yang sama katanya emang lebih nguntungin kalo kita ngambil asuransi jiwa term life + reksadana (kalo kesehatan kan udah dicover sama perusahaan) daripada ngambil unitlink haduh jadi sedikit nyesel karna udah keburu ngambil unitlink…

    • iya.. aku juga mikir gt krn kantor ku ama suami udah nanggung kesehatan. Setelah pensiun juga udah ditanggung. Tapi masih cari2 info lagi ni soal reksadana.. ngg.. ini anggia yang di multiply bukan? *tebak-tebak buah manggis*

    • ikut mikir juga apa aku anggia yang di multiply apa bukan ?ga tau bu hilang ingatan nih hehehe maapkan yang jelas mah kita sekantor walopun beda angkatan! mulai nanya2 asuransi jiwa + reksadana di mandiri nih secara ada dibawah kantor hehehe

    • ooh kirain anggia temennya mia yang lagi prepare wedding.. sotoy nih gue, hehe.. wah kita sekantor ya jeng.. iya gue juga dulu sering ke mandiri di japati. Tapi kynya mending ikutan axa mandiri yah daripada BNI simponi yang gue ambil skrg. Manfaatnya untuk 20thn keatas unitlink kynya jauh lebih besar? wah info2 yah soal reksadana.. kalo asuransi jiwa gue juga tertarik yang jangka 10th, setahun 4 juta, manfaatnya 1M?? (baca di blog nya qm financial) tapi dananya sekarang ini tampak lari ke babysitter dulu..

  3. hai Darina, salam kenal, aku Rama temennya iyut :)
    kalo boleh nambahin dikit, sebenernya yang dinamakan Dana Pensiun itu adalah suatu produk tersendiri, memang kebanyakan orang mengeneralisir produk investasi jangka panjang, baik itu unit link, reksadana, dll sebagai produk dana pensiun, namun rasanya perlu dibedakan, karena memang makhluk yg berlainan ;)
    Dana Pensiun itu ada 2 jenis, DPPK (Dana Pensiun Pemberi Kerja) dan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan), kalo DPPK dia didirikan oleh perusahaan untuk karyawannya, misal DP Telkom (kerja di telkom ya?), BI, BRI, dll.. Sedangkan DPLK memang terbuka untuk siapa saja, baik sekumpulan karyawan (di-treat sebagai group) maupun individual. Naah yg mendirikan DPLK adalah bank dan asuransi jiwa, misalnya DPLK BNI (dengan produk simponi-nya), DPLK Manulife, DPLK Allianz, dll (sori menyebut nama, ga bermaksud promosi loh)
    Bagus bgt kalo Darina aware ttg kesejahteraan di masa pensiun, the fact is 70% orang di Indonesia tidak well prepared dengan masa pensiunnya, sedih kan kalo hidup kekurangan setelah kita ga kerja nanti…
    Ada karakteristik mendasar yg bedain dana pensiun dengan produk investasi seperti unit link or reksadana tadi. Kalo dana pensiun, kamu menentukan usia pensiun kamu sendiri (normalnya di usia 55 tahun), sampai usia tersebut kamu ga bisa narik seluruhnya (redeem istilahnya kalo di investasi) kecuali menarik sebagian iuran, jadi ada locking period. begitu usia 55 tahun, akumulasi iuran dan pengembangan investasinya (kamu bisa milih loh saat gabung DPLK, paket investasi mana yg kamu mau kamu pilih) akan dihitung dan dibelikan anuitas SEUMUR HIDUP, selama Darina hidup akan dibayar uang pensiunnya, dan akan diteruskan ke anak hingga usia tertentu. jadi, beda banget kan konsepnya dengan reksadana, unitlink, or produk investasi lain..
    klik http://www.bapepamlk.depkeu.go.id/dana_pensiun/ untuk info lebih lanjut

    maaf ya kalo jadi komen panjang lebar, maklum regulator, gatel kalo gak komen tentang Dana Pensiun hehehe… moga bermanfaat

  4. say..jd nya ikutan apa?ko jd kepikiran lagi..dah ikut Tab Rencana Mandiri..tp setuju banget ama yg kau tulis

    ” yg pengennya naro duit Rp.500rban tiap bulan, untuk dinikmati kira-kira 28 tahun lagi. Yang menguntungkan secara nominal tapi nggak pusing ngawasin dan AMAN.”

    zo?

    • belon dapet say, kynya gue ga jadi AXA deh.. ini malah tmn nawarin prudential syariah.. unitlink juga ga ya?? bagusnya dipisah antara asuransi n investasi. Reksadana nglirik aja belon sempetttt

    • Bgus nya dipisah..tp mampunya barengan tu say..hihihihi..

      bingung uyyyyyy..*duwennggg weeengg***

  5. halo…
    saya sih ambil yg 350 rb utk unitlink dari allianz
    karena yah proteksi nya paling lengkap dibanding kompetitor lain + nilai tunai nya kalau udah tua nanti..
    itung2 buat jaga2 aja ^^

    saya pun dapat asuransi kesehatan dari kantor..

    cuman lagi mulai ngelirik reksadana nih..
    kalo ada yg tau info2 nya ditunggu pencerahan nya

    ps:
    saya bukan agen asuransi dr allianz

  6. Polis Asuransi Jiwa

    Kepada pemegang polis,

    Saya adalah polis Asuransi Jiwa anda.
    Anda dan saya mempunyai idealisme dan tujuan yang hampir sama di dunia ini.
    Sekarang ini, anda sedang melakukan tanggung jawab anda ….menyediakan makanan, pakaian dan tempat tinggal bagi orang-orang yang anda kasihi. Anda juga membiayai pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan mereka. Ketika anda melakukan semuanya ini, saya tidur di dalam peti penyimpanan anda, menghimpun kekuatan dan meningkatkan nilai saya tahun demi tahun.
    Saya percaya dan memiliki keyakinan pada anda. Keberadaan saya saat ini mungkin tampak tidak berarti bagi anda, seperti sebuah sekoci penyelamat yang ada diatas sebuah kapal pesiar. Tetapi suatu hari (dan tidak ada yang mengetahui kapan saatnya datang) anda dan saya mungkin harus bertukar tempat.

    Pada saat anda terbujur di dalam peti tempat peristirahatan anda, pada saat itulah saya akan bangun….untuk melanjutkan dan menyelesaikan karya yang telah anda mulai. Sayalah yang akan menyediakan biaya untuk menyelesaikan pendidikan anak-anak yang anda kasihi, kesehatan dan juga ksejahteraan yang anda sediakan bagi istri anda, tidak akan mendadak terhenti di saat mereka paling membutuhkannya.

    Saat pekerjaan dan kerja keras anda selesai, pekerjaan saya baru saja dimulai. Melalui saya, tangan anda akan terus menanggung keluarga anda dan melalui saya, cinta kasih anda akan abadi.

    Kapanpun anda merasa bahwa keberadaan saya memberatkan kehidupan anda, ingatlah bahwa saya akan melakukan lebih banyak hal bagi anda dan keluarga ada, dibandingkan dengan apa yang anda lakukan untuk saya.

    Jika anda melakukan tugas yang menjadi bagian anda, saya pun akan melakukan tugas saya….
    Salam tulus dari saya,

    Polis Asuransi Jiwa Anda.

    salam mdrt
    http://prudentialbintaro.wordpress.com

Leave a Reply

