Pembukaan pada persalinan

Kemaren ada temen yang nanya jangka waktu pembukaan seberapa lama. aku sendiri bingung juga jawabnya karena waktu melahirkan aku ngga ada bayangan berapa lama aku akan mengalami kontraksi sampai melahirkan. Karena menurut beberapa teman yang aku lihat sangat bervariatif walaupun sama-sama melahirkan anak pertama. Ada yang 2 jam langsung brojol, aku dari ngrasa perut rada kenceng (mungkin kontraksi ringan banget) jam 5 pagi, baru lahir jam 6 sore, berarti hampir 13 jam.

Jam 10 dateng ke RS ternyata aku udah pembukaan 2.
Jam 11 masih bisa facebook-an karena kontraksinya masih ringan.
Jam 12 udah mulai ngga bisa senyum.
Jam 1 dicek ternyata udah pembukaan 3.
Jam 3 masih pembukaan 3 juga, tapi hampir 4. wealah..
Nah mulai pembukaan 4 keatas aku udah kesakitan banget. aku sempet minta induksi. Tapi pas mau dikasih jam 6 sore ternyata aku mendadak udah bukaan 7. Akhirnya langsung dibawa ke ruang bersalin. Kayanya aku digunting deh.. Tapi alhamdulillah melahirkan jam 6.

Kala I
Dimulai dari kontraksi persalinan awal sampai pembukaan lengkap.

Ternyata Kala I ini terdiri dari 2 Fase :

1) Fase Laten

  • Pembukaan service kurang dari 3 cm.
  • Servic membuka secara perlahan selama fase ini.
  • Berlangsung tidak lebih dari 8 jam pada multigravida 12 jam pada primigravida.

2) Fase Aktif
Pembukaan service setidak-tidaknya 3cm hingga 10 cm
Nah fase ini lebih cepat prosesnya

Fase aktif dibagi menjadi 3 fase :
Fase akselerasi
Dalam waktu 2 jam pembukaan 3 cm menjadi 4 cm
Fase dilatasi maksimal
Dalam waktu 2 jam pembukaan berlangsung sangat cepat dari 4 menjadi 9 cm.
Fase delerasi
Pembukaan menjadi lambat kembali dalam waktu 2 jam pembukaan dari 9 menjadi lengkap.

Di bawah pembukaan 4 emang prosesnya lama, tapi kalo udah lewat pembukaan 4, bakal cepet tiba-tiba udah pembukaan 7, bahkan udah pembukaan lengkap.

Kala II
Setelah service membuka lengkap, his (kontraksi) terkoordinir, kuat cepat, dan lebih lama kira-kira 2-3 menit sekali dengan durasi 50-100 detik. Kepala janin turun masuk ruang panggul menekan otot-otot dasar panggul secara reflektoris menimbulkan rasa mengedan, sehingga ibu merasa ingin BAB dengan tanda anus membuka. Saat his, kepala mulai kelihatan, vulva membuka dan perineum meregang. Dengan his mengedan terpimpin akan lahir kepala diikuti seluruh badan bayi.
Kala II 1 ½ jam pada primi, multi ½ – 1 jam.

Kala III
Dimulai dari Lahirnya bayi sampai Lahirnya plasenta. Kala III berlangsung 5-30 menit setelah janin lahir.

Kala IV
Melakukan observasi (tingkat kesadaran, pemeriksaan TTV, kontraksi uterus, perdarahan).

(sumber : http://sobatbaru.blogspot.com/2009/03/konsep-persalinan.html)

3 thoughts on “Pembukaan pada persalinan

  1. hehehehe… jadi inget twitterannya yang ngebilangin kalo udah 10menit sekali langsung ke RS..

    waktu di tweet begitu aku tetep nggak ngecek jam loh… kirain bukan kontraksi.. makanya tetep nekat kejakarta.. cuman pas maghrib nyampe jakarta (masih di taxi).. koq kayaknya sakitnya makin deket2.. pas dicek udah 7 menit skali hehehe.. walhasil pas nyampe hotel.. ketemu papa.. langsung pesen makanan via room service.. aku inget banget tuh..katanya kalo udah mulai mules tetep harus makan biar ada tenaga.. cepet2 makan sambil nungging2.. jam 8an langsung cabut lagi mo balik ke bogor ceritanya.. soalnya dokternya di bogor n suami juga masi di bogor :p

    trussss… ternyata jam segitu jakarta masi macheeeettt.. suamiku udah panik.. langsung nyuruh kita cari RS terdekat.. waktu itu di taxi aku udah tiduran.. n kontraksi 5menit skali.. tau2.. ngeliat plang jatinegara.. untung udah bawa persiapan.. langsung deh ke hermina jatinegara..

    jam 9 sampai.. di cek udah bukaan 4
    Jam 9.30an.. air ketuban pecah
    jam 10an.. bukaan 6
    Jam 10.30an.. bukaan 9.. suamiku juga nyampe.. gak lama kemudian dokternya nyampe.. langsung disuru ngangkang… trus ngeden deh..
    Jam 10.48.. brojol deh Azzam…

    alhamdulillah banget lancar.. untung ditweet tuh.. hehehe..

  2. Sabtu, 27 April 2013 jam 10 pagi aku sudah mulai mules, aku cek ke bidan baru pembukaan 2, jam demi jam kulewati sampai hari minggu mulas aku tidak teratur, kemudian aku kembali ke bidan ternyata baru pembukaan 2 juga. Dan dari bidan mengatakan sabar ya bu-pak, kalau anak pertama biasa agak lama untuk fase persalinan bisa sampai 2hari,bahkan sampai seminggu..apakah benar seperti itu yah.??

Leave a Reply

