Trick Menata Ruang Kecil

They said home is where the heart is..

Tapi hati kan pengen memilih rumah yang tertata rapi dan kece ya.. haha.. Jadi kemaren nih ada Talk Show Warna Impian Expert Corner temanya “Smart solution for small spaces” bersama arsitek Ary Indra dan praktisi feng shui Geomancy Elements, aku ga mikir dua kali langsung pengen dateng. Secara di jaman sekarang kan serba minimalis ya.. minimal space-nya, minimal design interior-nya juga minimal bugdet nya (ya ini gue doang kali ya haha). Jadi berbekal rasa penasaran datanglah aku ke HongKong Cafe demi seminar yang diselenggarakan oleh JOTUN Paint ini.

Ada dua hal utama yang dibahas : bagaimana menata ruang yang “mungil” gak cuma dari segi design, fungsi tapi juga dari feng shui-nya. Jadi keterbatasan lahan bukan lagi halangan buat menata rumah impian, kita hanya perlu tau tips and trick nya. Sesi talk show pertama oleh Arsitek Ary Indra membahas “Rumah yang P-A-S” Apaan PAS? Pas ada duitnya beli? Bukan, haha.. PAS itu Peka-Adaptif-Sehat. Peka dengan kebutuhan penghuni, Adaptif terhadap kondisi dan juga Sehat. PEKA terhadap kebutuhan dan keinginan penghuninya.. Misal contoh ruang tidur ini gak ada pembatas dengan kamar mandinya. Emang yang punya kamar maunya gitu katanya, trus dikiranya ah paling lama-lama juga kamar mandinya dikasih pintu, eh tyt udah 3 tahun tetep loh ga diubah haha..

ADAPTIF, Karena ruang yang terbatas kita harus pintar memanfaatkan ruang dan furniture, dan perbanyak tempat penyimpanan. Misal tangga ini bisa sekaligus jadi laci.

Atau kok ga kepikir ya bath tube ternyata bisa ada lacinya juga? Hihi

Ada juga lemari buku sekaligus tangga!

Atau ruang tamu yang bisa dibuat privasi, bisa juga digabung dengan ruang tengah dengan pembatas yang bisa digeser.

Plafon ternyata adalah tempat penyimpanan yang efisien dan efektif lho!

Untuk tangga, buatlah secara ringan dengan kesan melayang, jauhi kesan masif dan berat. Railing di sisi luar tangga sebaiknya ditiadakan, tetapi tempatkan di sisi dalam. Namun, bila rumah dihuni oleh anak kecil kita mungkin agak khawatir ya. Eh tapi ternyata, anak-anak jadi belajar berhati-hati dan bertanggung jawab.

Sebagai alternatif penggunaan furnitur, meja belajar atau bahkan tempat tidur bisa dengan konsep lesehan. Siapkan karpet atau tikar dilengkapi bantal-bantal empuk atau bean bag agar semakin nyaman untuk kegiatan belajar, atau kita buat “teritory” wilayah tidur kita dengan penanda karpet atau undakan sebagai penanda tempat digelarnya kasur.

Terus meja makannya dimana? Bisa jadi satu ama dapur.. mejanya bisa dilipat atau dipasang saat ingin digunakan.

Dari segi SEHAT, coba kita perbyk matahari yang masuk kerumah dengan dinding kaca atau jendela yang besar, atau bahkan atas kaca. Bayangan sinar matahari yang masuk lewat kerangka jendela itu bisa jadi lukisan bergerak yang gak cuma indah, tapi juga gratis :D

Sedikit Tips untuk beli rumah : perhatikan arah hadapnya. Paling bagus menghadap  utara atau selatan. Karena selain bisa dapet sinar matahari sepanjang hari, juga mengharap arah angin. Dan angin yang terjepit akan bertiup lebih kencang, jadi jangan lupa untuk sisakan ruang diantara tembok sehingga tercipta jalan untuk angin bertiup.

Selesai terbengong-bengong dengan gambar rumah-rumah yang kece, session kedua kita dikasih pengetahuan tentang rumah yang baik berdasarkan Feng Shui, temanya “Rumah Bersih + Sehat = Sumber Kemakmuran” oleh Geomancy Elements.

Disini aku baru tau loh gimana posisi pintu utama yang benar

Dan bagaimana posisi tempat tidur yang baik

Dan masiiih banyak lagi tips n trick yang rasanya kalo dirangkum itu bisa berapa belas halaman.. beneran deh kalo Warna Impian Expert Corner ada lagi mending ikutan dan liat sendiri. Supaya ga ketinggalan follow aja twitternya di @warnapedia ya.

Trus karena disampaikan juga ternyata kalo warna gelap ruang terlihat sempit itu cuma mitos belaka. Kita bisa pakai warna apapun sesuai selera. Bahkan mata kita ini emang diciptakan untuk melihat sesuatu yang random. Jadi kita bisa milih kombinasi warna yang kira-kira sesuai. Nah.. liat-liat brosur JOTUN paint kemaren sih.. aku cenderung warna pastel *teteup*

Abis talk show aku langsung punya beberapa ide untuk design furniture.. dan warna cat temboknya. masalahnya sih.. rumahnya belum nemu nih.. haha..

About these ads

10 thoughts on “Trick Menata Ruang Kecil

  1. Eh eh tau ga saat ini aku tuh lagi googling gimana menta ruang sempit. Lha kok di emaul ada notifikasi dirimu posting ini. Duuuuh cucok banget…yo wis mampir dimari dulu deh…. :)

  2. amazed sama furniture yang multifungsi ituh, ga kepikiran bentuknya bow :D
    nah berarti kudu pake jasa arsitek + design interior kali ya kl mau punya rumah yang efisien dan efektif kek gitu

  3. hihi aku kenal sama mas ary indra ini, dia arsitek rumah kami di bandung,dan itu bbrp gambar adalah rumah dia pribadi di serpong.

  4. Yang terpenting, peletakan furniture tidak mengganggu alur sirkulasi dari pintu masuk ke ruang-ruang lainnya. Di rumah dengan ukuran ruang tamu yang cukup luas atau luas, bisa diletakkan sofa dengan ukuran yang cukup besar, misalnya dengan sofa 3-2-1 seaters dan dengan meja tamu dan meja sudut dengan peletakkan yang hampir sama dengan rumah mungil agar tidak mengganggu alur sirkulasi menuju ruang lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s