pregnancy

Makanan selama hamil (awal dan akhir)

nasi dan makanan rumah, marie regal, burger keju rumahan, air rebusan kacang ijo, susu lactamil
nasi dan makanan rumah, marie regal, burger keju rumahan, air rebusan kacang ijo, susu lactamil

Dulu pas awal-awal hamil aku ketat banget soal makanan. Aku sering browsing mana yang bagus dan mana yang harus dihindari. Walau ternyata kadang yang aku baca ternyata ada yang kurang tepat, misal aku makan kerang yang katanya zat besinya bagus, taunya kerang bisa juga ada racun merkurinya. Atau katanya yogurt bagus tapi ternyata ada opini dokter yang bilang sebaiknya jangan karena asam. Well, kita emang harus cross check info lagi tampaknya. Tapi alhamdulillah sampai 37 week ini baby ku sehat, kecuali plasentanya yang masih di bawah.. huhu.. *yah takdir ya nak, moga nanti lahir dgn lancar dan sehat*

Sejak awal hamil aku gak ngerasa mual apalagi muntah. Dulu gara-gara liat bumil yang hamilnya rewel aku jadi niatin kalo ntar hamil gak pengen menye-menye, dan ternyata kekuatan sugesti itu lumayan berhasil loh.. Pernah aku ngrasa kalo nyium bau sayur sop rasanya ko rada mual. Beneran heran deh.. kok bisa gitu yah.. Tapi aku pikir lagi, dulu pas sebelum hamil sayur sop adalah sayur kesukaanku, masa sekarang gara-gara hamil doang jadi mual cuma gara-gara nyium baunya??? doesnt make any sense, apalagi sayur itu bagus buat bayiku. Akhirnya aku makan juga dan alhamdulillah lama-lama ngga mual. Pokoknya semua-mua yang katanya bagus buat bayi aku makan, padahal air rebusan kacang ijo tanpa gula itu rasanya aneh *pahit lagi, howek* dan aku gak terlalu suka jus wortel apel.

Aku juga berpendapat kalo there’s no such thing as “ngidam”. Itu cuma pembenaran dari ego kita aja. Tapi ego kita yang lagi hamil emang cenderung tinggi karena hormon gak stabil.. sekali-sekali aku gunain juga sebagai senjata.. Hahaha jail dikit, kapan lagi ngerjain kalo gak lagi hamil. Misal bilang aja ngidam ditraktir temen. Eh berhasil loh…hihihi… 😀

Kembali ke soal makanan selama kehamilan, dari yang awalnya ketat makin kesini aku kok makin sembrono. Setelah aku pikir-pikir ko kemundurannya jauhhh yaaaa…

Contohnya nih..

Awal-awal Akhir-akhir ini
Susu hamil prenagen bubuk dan lactamil cair kotakan. Udah coba semua merk u name it!! tp balik ke 2 merk ini. Susu Ultra UHT, Indomilk full cream, Susu Milo 3 in 1 & Bear Brand. Tapi sejak bear brand di claim ada melamin udah stop minum.
Jus wortel apel *kaya akan asam folat* Jus alpuket, melon, jeruk *yang penting buah deh*
Air rebusan kacang ijo Bubur kacang ijo *dah males ngerebus*
I DON’T drink caffein such as soda, coffee, chocolate and tea Minum teh segelas sehari, blended coffee minta-minta dikit, soda seperempat gelas sekali setelah 9 bulan
I DON’T eat sate, bakar-bakaran, duren, kambing, vetsin, junk food, dkk. Cuma tinggal 2 pantangannya : duren dan kambing.. Lainnya? Hajar bleh..
Tiap hari makan buah. Seringnya apel, pepaya atau pir Buah yah.. Hmm paling pepaya doang, itu juga supaya BAB lancar
Mengurangi makan apapun yang berbau coklat dan memilih rasa lain seperti strawberry atau vanilla Tiap hari makan chocolate cheese cake *kue ultah abah, red*, susu milo, roti dan meses coklat.

Hmmm.. tampak harus kembali ke makanan sehat sampai nanti selesai menyusui…

Untuk artikel tentang makanan ibu hamil bisa diliat di infoibu.com

Nemu juga nih 17 Pertanyaan seputar kehamilan, telat gue bacanya, dah hamil tua nih…

5 thoughts on “Makanan selama hamil (awal dan akhir)

  1. haiii salam kenal yaa.. wuduwww, dah 37minggu ya?? deg2an donk ah nungguin HPL hehehe.. anak pertama yah?? semoga lancar n sehat terus ya sampe lahiran nanti (n sesudahnya of course).

    gw.. mungkin karena anak kedua ya, jadi santai banget gitu ngejalanin hamil ini, yg masi berjalan 27minggu.. gak ada pantang2an, susu tertentu, blablablabla, pokoke makan cukup, tidur cukup (yg rada susah krn anak pertama masi kecil jg, butuh perhatian zupperr hihii). eniwei.. enjoy our pregnancy! *toossss*

  2. Waktu hamil dulu, aku sih makan apa saja KECUALI daun2-an yang mentah/lalapan (emang kambing…hehe), yang bakar2 an (sate dkk), durian, nanas, snack yang byk MSG, walau kadang2 bandel makan chitato kalau lagi pengiiiin banget 😀 . Aku juga gak ngidam tuh mbak. Yang pernah pengin banget dan gak ketahan ya beli tempe mendoan di deket rumah. Pulang kantor, dapat deh. Tapi belinya banyak, yang kemakan cuma 1 biji hehehe. Hmmm…jadi pengin hamil lagi 😉

  3. Sekarang ini aku hamil yang kedua,beda banget sama yang pertama,ga bisa kecapean,suka sempoyongan ,kehilangan keseimbangan n badan lemes banget .Ada solusi ga ya,sekarang usia kehamilan aku,masuk minggu ke 7…

Leave a comment