mpasi · Recipe

Sup Tomat

Kemaren malem Zahra agak sumeng. Lagi puncak flu dan pilek berat, udah hari ke-4 ingusnya jadi kental dan agak ijo. Rencananya mungkin malem mau ke dsa nya aja, sekalian minta obat juga buat aku yang juga pilek berattttt. Jadi hari ini aku cuti alasan anak sakit (gak ngurangin cuti tahunan kan, hohoho *licik*). Kalo Zahra sakit aku bikinin Sup tomat ini. Pengen juga sih bikin Sup jagung atau krim sup ayam, tapi belum sempet aja.

Jadi ini resepnya yang aku ambil dari buku resep menu sehat & aman untuk bayi 6-12 bulan terbitan Hikmah. Fotonya juga aku foto dari bukunya, ngga sempet foto hasil masakannya euy.

Untuk 9 bulan +

Bahan :
1 buah tomat merah
1/2 sdm mentega tawar
1/2 siung bawang putih, cincang halus
1 iris bawang bombay, cincang halus
1 sdm tepung maizena
100 ml kaldu ayam/air
50ml susu (optional, diganti kaldu/air aja)
1 sdm keju cheddar parut
1/2 batang seledri

Cara membuat :

  • kukus tomat, lalu kupas, buang bijinya, cincang. sisihkan
  • panaskan butter, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum
  • masukkan maizena. aduk
  • masukkan tomat, kaldu dan susu
  • tambahkan keju dan seledri
  • sajikan

Jadi hari ini masak bubur beras merah dimasak ama daging, trus sup tomat ini, makannya dipisah. Buahnya puree apel. Mudah-mudahan baikan ya nak..

4 thoughts on “Sup Tomat

  1. mbak, makasih banget buat resep2nya ya… aku contek n modif sesuai kebutuhan 🙂 soalnya entah mengapa di sini (surabaya) susah bener nemu buku masakan bayi, padahal udah di gramedia paling besar.

    anyway, i post some modifications of your recipe at the urban mama. thanks again.

Leave a comment