ASIX · review

Breastpump Medela : Mini Electric atau Harmony?

2 minggu ini aku nyobain kedua pompa ASI dari medela. Yang satu elektrik tipe mini elektrik, satunya lagi manual tipe harmony. Here’s my opinion :

Medela Harmony
Awalnya aku pegel banget pake harmony ini, tapi lama kelamaan fasih juga. Tuasnya bisa ditekan keatas (yang kecil) dan kebawah (lebih besar kekuatannya). Yang kecil itu untuk stimulasi awal. Biasanya aku pake yang kecil dulu, baru ntar kalo udah netes tekan tuas yang besar. Karena manual jadi cenderung praktis, dan bisa digunakan dimana saja tanpa harus pake listrik atau baterei. Tapi ya itu, usahanya lebih, harus pake tenaga tangan. Harganya lebih murah, aku beli Rp.320.000 di ITC fatmawati. Tapi sekarang kayanya udah naek jauh.. Mungkin sekitar 400-500rban?

Medela Harmony
Medela Harmony

Medela Mini Electric
Karena pake harmony pegel aku pikir kalo pake electric lebih menolong. Iya bener, lebih gak pegel karena kita tinggal tancepin ke listrik atau isi batereinya, dia ngisep sendiri. Kekuatan isapannya juga bisa diatur kecil dan besarnya. Kalo pake electric aku bisa sambil pegang HP, atau ngelakuin hal lain dengan tangan yang satunya. Tapi entah kenapa ko putingku berasa perih ya.. mungkin karena bukan kita yang ‘atur’, trus entah belum biasa ato gimana ko rasanya pendapatannya lebih sedikit. Mungkin karena perih itu tadi. Malah beberapa teman bilang putingnya ampe lecet pake pump ini. Dan ternyata ngga praktis, aku harus cari listrik dulu, atau baterei *ngga dapet, belum beli*. Harganya dulu sih 600rban. Tapi sekarang mungkin udah 700-900rban yah?

Medela Mini Electric
Medela Mini Electric

Akhirnya.. Aku balik lagi ke harmony. Walo pegel tapi begitu dapet LDR-nya tinggal sroot sroot pompa, bisa muncrat-muncrat *haduh bahasanya*. Lebih puas juga dan lebih ngga perih. Sekarang aku mompa paling 15-20 menit deh, ngga lama-lama, soalnya aku kerja masih lama juga jadi ngga kejar tayang.

Banyak yang bilang enak pake tangan. Emang bener sih. Aku mulai bisa merah ASI pake tangan, tadinya netes aja sekarang udah bisa ngucur. Tapi bleber-bleber gitu, jadi banyak yang kebuang en tangan berasa becek. Mungkin aku belum ahli jadi tergantung jam terbang kali yah.. Tapi kalo diantara kedua pompa diatas, kayanya aku lebih nyaman pake harmony.

UPDATE REVIEW :

Kok akhir-akhir ini aku jadi sering pake mini elektrik ya.. kelebihannya : nggak pegel, trus part-nya dikit jadi ngerakitnya lebih gampang. Kalo harmony kan ada 6 part total. Kalo mini elektrik cuma 4 part. Emang sih lebih perih sedikit, tapi bisa diatur kekuatan hisapannya. Dan ternyata hasil pompanya juga ga jauh beda. Yah jadinya aku ganti2an aja antara dua itu tergantung mood.. hehe maap ga konsisten 😛 Tapi kalo di kantor belum nyoba nih.. ntar deh kalo dah ngantor di update lagi review nya.

UPDATE REVIEW SETELAH NGANTOR :

Dikarenakan kantorku ngga pewe banget buat mompa, selain ga ada ruangan, ga ada listrik pula dikamar mandi sekalipun, masa iya gue ke ruang rapat.. Akhirnya aku sekarang lebih banyak pake medela manual harmony. Yang ternyata emang jadi lebih praktis. Emang sih mini elektrik juga bisa pake baterei, tapi kok cepet soak ya :S Awalnya tangan emang rada pegel, tapi begitu udah biasa, udah tau teknik yang pas buat kita, dapet LDR, langsung deh sroot sroot bentar, selesai. Lebih ngga sakit juga, kadang kalo pake elektrik suka rada sakit walau udah dipelanin.

Kesimpulannya sih, kayanya kalo diprioritas mending punya medela manual harmony dulu. Begitu ada uang lebih baru beli elektrik, sukur-sukur dapet warisan kaya aku.. hehehehe…

30 thoughts on “Breastpump Medela : Mini Electric atau Harmony?

  1. Kalau aku dulu awalnya juga pake Medela Harmony yang manual. Yang elektrik belum pernah nyoba. Tapi demi kepraktisan dan kenyamanan, aku belajar merah pake tangan. Gak tergantung colokan listrik lagi. Yang ini ada untungnya. Kalau ruangan yang biasa aku merah di pakai, ya pindah ke mana aja yang penting tertutup dan bersih, tidak usah mikir harus ada colokan listrik apa gak. Keep practice terus aja mbak, lama2 pasti fasih merah pake tangan. Btw, udah dapat stock ASIP berapa botol? 🙂

    1. iya mudah2an ntar jadi gape pake tangan mbak.. sekarang udah 20an botol antara 60-100ml, tapi udah aku pakein sedikit buat test n takut kelamaan 2 bulan nyimpen. padahal gak papa sih ya tahan 3 bulan.. 🙂

  2. ngikut nimbrung yah..
    btw harmony dan Mini electric ada plus minus memang.. kalo harmony mungkin lebih pegel tapi secara fungsinya dia ada phase stimulatingnya mirip di medela yg swing.. sementara kalo pake mini electric lebih dapet praktisnya meskipun dia hanya sedot aja tanpa stimulating..
    kalo masalah batere.. utk batere recharge yg bagus punya sanyo cari yg varian eneloop harga sekitar 65rb 2 pcs tapi awetttt… dan gak cepat soak..
    thanks yah..

  3. mba, medela electric nya kl ngga terpakai lg, jual ke aku aja..:)
    buat temenku … tp dia carinya yg second.
    kl boleh, kabari aku ya mba…:)
    salam manis, Sissy

  4. dear mom,

    wah thanks infonya saya lagi cari info ttg merek pompa ASi apa yg bagus dan recomended, btw ada yang tau ga ya? merek tolly joy bagus gaa??.

    thanks mom
    farida

  5. Dear Mba Sissy,
    Mba, aku punya Medela Electric yang second (pemakainnya juga < 5 kali) ..
    Apa masih berminat beli ??
    Hubungi aku di 0811424267

    1. hai mbak dilla, salam kenal ya….. mau tny brp nih mbak jual medela elektriknya? kondisi msh bagus?

  6. Ibu2,tmenku pake pompa ktnya lama2 hbs jg,krna cr krja pompa dpt merusak jar PD.Wah,jd ngeri juga.Lalu Aku jajal pake tangan aja.Alhamdulillah dpt buanyak! Coba deh,pake tangan.Awal2 agk susah,tp lama2 jg biasa.Tipsnya,pas PD penuh,cb perah pk tangan.Lalu pas g kluar lg,lgsung susui k anak jg pasti keluar lg.Jgn lupa rangsang LDR nya. Lama2,akan muncrat2 dg derasnya..

  7. Salam kenal…
    Saya selama ini pake tangan aja. Lebih praktis, lebih bersih, lebih aman, dan lebih murah tentunya, hehehe….. 🙂
    Kalo saya waktu mompa, hasil pompanya langsung masuk ke botol penyimpan ASI (saya pake botol kaca eks UC 1000). Botol itu lubangnya pas banget dimasukin ke puting. Jadi ASInya ga muncrat kemana2. Dan lebih bersih karena dari PD langsung masuk botol penyimpannya.
    Alhamdulillah sekarang saya udah makin lihai mompa pake tangan. Sekali mompa paling butuh waktu sekitar 15 menit dan hasilnya dapet 1 botol.

  8. Tadinya aku mau beli medela yang elektrik, tapi ko bisa sampe lecet2 gitu yaa??aku siy pake yang pigeon selama ini..cuma pengen praktis..oh iya temenku pake medela yang elektrik dia nyaman2 aja tuh ga pernah lecet..mkn cara pemakaiannya yang kurang benar atau bagaimana??

    trims
    Dewi
    Bundanya Alba 3Month

  9. Thanks mba infonya..
    Kebetulan aq juga ada rencana beli breastpump..
    tapi masih bingung merk apa n yg manual ato elektrik?
    sekarang sampe akhir tahun aq msh ga da kerjaan alias msh dirumah aj tapi mulai awal tahun depan aq masuk coass(program profesi dokter)
    dan akan myita waktu banget,aq maunya bayiku ttp minum asi jadi harus siapin stok ASI..
    skg bayiku 2 bln..udah ada bayangan mau beli medela elktrik tp baca tulisan mba aq jd agak ragu..trus baca tulisan lain dimilis or blog lain blg enak2 aj pke medela elektrik..
    duh jd makin bingung..baiknya beli ato ga ya?manual ato elektrik ya..?

  10. saya jg lagi nyari2 breast pump,, sebenernya pake tangan jg enak sih (gak sakit & hasil perahannya lumayan),, tp kt suami mending pake pompa, barangkali bs dapet lebih banyak. sekarang kalo pake tangan paling max dapet 120ml (2 PD),,
    Sekarang msh bingung mending pake medela manual ato medela mini elektrik,,

  11. salam kenal..
    sy slm ini pake pigeon manual..dan alatnya gak bikin perih..tp krn tiap hari mompa (skrg anakku sdh 10 bln) pergelangan tgnku nyeri n kram gitu..malah skrg dilarang sm dokter u tllu byk gerak, nah..skrg sy lg bingung cari pompa yg elektrik..tp kalo baca tulisannya jd.. bingung? apa pigeon ada yg elektrik gak ya?

  12. I LOVE this pump! I used the Medela Symphony in the hospital and thought it was a good pump, but I only used one side at a time so didn’t really need the double pump option. The Swing is just as good as the Symphony but for less money. I have an abundance of milk and need to pump for comfort and this pump is comfortable, and doesn’t hurt at all! It has a rubber cup which…

  13. This pump gets the job done – however – there are a couple of issues:

    1) It makes a horrible noise

    2) The tube rests on the pump (vs. snapping in) which causes it to fall out if you move around while pumping

    3) You have to lean forward while pumping. If you lean back and relax the milk does not drip into the container properly.

  14. Pengalaman pribadi : Lebih enak pake Medela harmony daripada Mini electric.
    Harmony krn 2 fase itu (tuas kecil lanjut tuas besar) jadi proses Pumping lebih nyaman dan bisa diatur kecepatannya. Memang lebih capek 😀
    Tapi lebih praktis ya Mom, bisa dibawa kemana-mana

  15. saya juga lagi nyari medela ne mom, manual ato elektrik boleh. hub : 08562292826. butuh banget mom ^__^

Comments are closed.